Wagub: Kepulangan Warga Lampung dari Tiongkok Ada Prosesnya

Bandar Lampung (Lampost.co): Kemunculan virus korona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, kini telah banyak memakan korban dan menggemparkan dunia. Terlebih bagi warga yang memiliki keluarga yang bekerja atau menempuh pendidikan di Tiongkok.

Merespon hal tersebut, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan rata-rata pelajar yang sedang menimba ilmu di Tiongkok tidak berada di Kota Wuhan.

Ia mengatakan Pemprov Lampung terus memantau progres detil penyebaran virus korona.

“Untuk detilnya belum keluar, rata-rata pelajar. Akan kita follow up terus jangan sampai tidak terdeteksi,” katanya di kompleks kantor Gubernur Lampung, Rabu, 29 Januari 2020.

Menurut dia, pihaknya saat ini dalam koordinasi pemerintah pusat yakni Kementerian Luar Negeri yang menjadi leader untuk melakukan pendataan dan penanganan, bukan hanya untuk warga Lampung tetapi seluruh warga Indonesia.

“Kita dalam koordinasi dengan pemerintah pusat,” kata mantan bupati Lampung Timur ini.

Mengenai prosedur kepulangan warga Lampung dari Tiongkok, menurutnya akan mengikuti mekanisme dan prosedur yang berlaku pada pemerintah pusat.

“Semua ada prosesnya, jangan terlalu ngeri. Seluruh warga yang datang dari luar negeri akan melalui proses bukan hanya dari China saja. Di bandara ada detektor, nanti kelihatan suhu tubuh dan segala macamnya. Bila ada indikasinya pasti ada tindaklanjutnya,” katanya.

Adi Sunaryo
Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *