Peringati Hari Ibu, Wagub Nunik Ajak Ibu Lawan Stunting

Bandar Lampung, Gatra.com – Peringati Hari Ibu Ke – 91 2019, wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim ajak para ibu di Lampung untuk memerangi sunting yang hingga kini masih menjadi persoalan di Lampung.

“Akan kita jadikan sebagai prioritas, di Lampung masih ada persoalan stunting, bagaimana peringatan Hari Ibu ini kita jadikan momentum untuk memerangi stunting dan membuat Lampung menjadi Zero Stunting,” ujar Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat peringatan Hari Ibu ke -91 di Balai Keratun Komplek Gubernuran, Kamis, 5/12.

Menurut Nunik, begitu sapaan akrab Chusnunia, bagi para Ibu yang turut membantu perekonomian keluarga, dengan turut bekerja, hal itu tidak menjadi alasan untuk tidak memperhatikan kondisi perkembangan, kesehatan, dan gizi anak.

“Terutama di desa-desa yang angka stuntingnya masih tinggi, para ibu meskipun cari nafkah bantu suami, namun tidak boleh lalai terhadap anak, perhatikan kebutuhan gizi untuk anak, bersama-sama kita lawan stunting,” himbau Nunik dihadapan ratusan undangan dari perwakilan organisasi wanita di Lampung.

Selain persoalan stunting, Nunik juga menyampaikan bahwa peranan Ibu atau perempuan sejak jaman kemerdekaan sangatlah penting.

“Kemerdekaan bangsa kita mungkin tidak akan tercapai sempurna jika tidak ada dorongan dan perjuangan dari ibu-ibu pada masa itu,” kata Nunik.

Untuk itu sebagai apresiasi terhadap Ibu-ibu dalam sejarah, para Ibu dan perempuan mendapat kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam memperoleh akses kesejahteraan. “Para ibu mendapat kesempatan yang sama untuk memperoleh akses ekonomi, akses politik, akses sosial dan bidang lainya,” sambung Nunik.

Untuk itu dalam birokrasi juga, lanjut Nunik, perempuan akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menduduki posisi jabatan yang penting. “Atas nama pemerintah provinsi, kami mengucapkan selamat Hari ibu ke-91, Semoga senantiasa diberkahi, perempuan berjaya Indonesia maju,” ucap Nunik.

Peringatan hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember ini, telah digelar lebih dahulu pada Kamis, (5/12) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Lampung.

Acara dengan tema Perempuan Berdaya Indonseia Maju ini dihadiri oleh berbagai organisasi perempuan di Lampung, diantaranya yakni Istri-Istri Forkopimda Lampung, Organisasi Wanita Lampung, Dharma Wanita Lampung, dan PKK Lampung.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *