Chusnunia Kagumi Arsitektur Rumah Adat Tubaba

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Wakil Gubernur, Chusnunia Chalim kagum dengan arsitektur Rumah Panggung (Adat) Lampung Kota Budaya Uluan Nunghik, di Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Kekaguman tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan Bupati Tubaba, Umar Ahmad, SP di lokasi bangunan Rumah Panggung Adat Lampung pada Minggu (15/9) sore juga ditemani Kepala Dinas Pendidikan Tubaba Budiman Jaya. Wagub juga diajak berdiskusi mengenai Pembangunan Kabupaten Tubaba yang berkelanjutan namun tetap dengan mempertahankan kekayaan lokal yang dimiliki.

Sebelum ke Rumah Panggung, wagub juga diajak berkeliling bupati ke ikon-ikon kabupaten setempat yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan diantara Komplek Rumah Baduy.

“Ini tempat asik sekali, saya sudah diajak keliling kemana-mana dan ini adalah tempat yang kerenlah speechless kalau sudah ada di sini,” kata dia saat dimintai tanggapannya usai kunjungan tersebut.

Ia yang akrab disapa Nunik, mengapresiasi upaya Bupati Umar Ahmad dalam berjuang melestarikan rumah-rumah asli di Kabupaten Tubaba.

“Nanti kalau sudah siap bisa ke sini, karena ini untuk umum yaa,” kata Nunik di tengah meminta penjelasan Umar Ahmad terkait peruntukan tiga Rumah Panggung tersebut.

Sementara Umar Ahmad menjelaskan saat ini Pemkab Tubaba telah mendirikan tiga Rumah Panggung Adat Lampung, dan rencananya akan menambah satu rumah panggung di tahun 2020 mendatang.

“Rumah panggung yang telah dibangun tersebut akan digunakan untuk rumah tenun/tapis, rumah seni/tari, dan satunya lagi yang sedang dalam tahap pembangunan untuk rumah pengalaman rasa dan Kopi Tubaba, serta rumah informasi,” terang Umar.

Nunik juga memberi tips sesuai pesan Bupati jika berkunjung ke Tubaba jangan membuang sampah sembarangan untuk lebih mudahnya dengan membawa peralatan makan dan minum sendiri. Bahkan untuk menjaga kelestarian lingkungan bupati juga akan membagikan tumbler (botol minum) kepada para siswa.

“Senangnya warga Tubaba, bupatinya sudah kreatif perhatian, oke,” ujarnya sambil mengacungkan jempol dan tersenyum gembira.

Informasi yang didapat Netizenku.com, Nunik sengaja berkunjung ke Tubaba, dan bukan kunjungan resmi.

“Wagub keliling-keliling ke Kabupaten, dan kunjungannya ke Tubaba kunjungan santai, bukan resmi,” terang Kadisdik Tubaba, Budiman Jaya. (Arie)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *