Wagub dan Dirut Pelindo Resmikan Auto Gate System Pelabuhan Panjang

INILAMPUNG.com – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia meresmikan Automatic Container Terminal Auto Gate System di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Panjang, Bandarlampung.

Chusnunia menandai peresmian Auto Gate System dengan pemotongan pita. Didampingi Direktur Utama PT Pelindo (Persero) II Elvyn G Masassya, Wali Kota Bandarlampung; Herman HN, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, dan pejabat intansi terkait.

“Semua perubahan yang terjadi di era industri 4.0 ini mau tidak mau kita juga harus berbenah termasuk di pemerintahan,” katanya, Senin (9-9-2019).

Menurut Wagub, peresmian Auto Gate System tersebut akan menjadi jawaban beberapa persoalan seperti administrasi dan tidak ada alasan lagi jika sudah ada perubahan ini seperti pajak tertunggak dan lainnya.

“Auto Gate System ini semua digital dan tidak ada lagi kendala secara teknis. Semua harus sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku,” kata dia.

Sementara Elvyn G Massasya mengatakan, penerapan digitalisasi ini, merupakan bukti Pelindo II serius dalam mewujudkan pelayanan berkelas dunia.

“Peresmian ini merupakan implementasi dari Program Digitalisasi Pelabuhan Indonesia menuju pelabuhan kelas dunia yang akan diterapkan di semua terminal di 12 pelabuhan di Indonesia,” katanya.

Menurutnya, ini sebagai bentuk implementasi digitalisasi dan Pelabuhan Panjang menjadi salah satu pionir dari cabang di luar Tanjungpriok.

Ia menjelaskan IPC Panjang memiliki tujuh terminal yang kedepannya akan berbasis digital. Sistem tersebut diyakini akan memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengguna jasa serta menurunkan biaya operasional pelabuhan.

“IPC Panjang sekarang melayani 150 ribu container per tahun, sehingga perlu kerja yang cepat,” ujarnya.

Penerapan Auto Gate System di pelabuhan Panjang, dia mengatakan, bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah pengguna jasa dalam kegiatan keluar masuk barang peti kemas di terminal tersebut. (red)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *