Peduli Pariwisata Antarkan Chusnunia Chalim Jabat Ketua

RADARBANGSA.COM – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengumumkan struktur Dewan Pengurus Pusat (DPP) periode 2019-2024. Ini sebagai kelanjutan hasil Muktamar PKB 2019 di Nusa Dua, Bali, pekan lalu.

Ada tiga Wakil Ketua Umum (Waketum) di kepengurusan yang baru ini. Posisi Sekjen DPP ditempati M. Hasanuddin Wahid. Selain itu, putra Cawapres terpilih Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin juga masuk struktur pengurus.

Selain nama-nama di atas, Chusnunia Chalim juga masuk dalam daftar pengurus DPP PKB yang dibacakan Ida Fauziyah itu. Nunik (sapaan akrabnya) menjabat Ketua DPP bidang Lingkungan Hidup dan Pariwisata.

Jejak Karir Politik Chusnunia

Sepak terjang Nunik yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Lampung menjadi motivasi tersendiri bagi perempuan-perempuan muda Indonesia yang ingin terjun ke dunia politik. Nunik merupakan politisi sukses yang meniti karier politiknya dari nol.

Nunik sudah tertarik dengan isu-isu politik sejak mengenyam bangku kuliah di IAIN Walisongo, Semarang, Jawa Tengah. Pernah menjadi sekretaris di salah satu media dan aktif di Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Tengah pada Pileg 2004, semakin membangun semangat Politik perempuan kelahiran Lampung Timur itu.

Tahun 2009, Nunik mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI dari PKB. Pengalaman sebagai Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja (2007) dan Koordinator Zona di Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (2008) membawa Nunik ke Senayan sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Lampung II.

Perhatian besar Perempuan yang meraih gelar Magister di Universitas Nasional bidang Ilmu Politik itu pada kampung halaman, membawa Nunik maju dalam pertarungan Pemilihan Bupati Lampung Timur pada 2015 silam. Nunik yang pada 2014 lalu kembali menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 rela mengundurkan diri untuk membangun Lampung Timur.

Terpilih sebagai Bupati Lampung Timur sejak Februari 2016 lalu, Nunik yang menjadi Bupati perempuan pertama di Lampung fokus memajukan wisata di Lampung Timur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, Nunik juga konsen pada peningkatan Pendidikan dan Pertanian di Kabupaten Lampung Timur.

Karirnya semakin melejit saat terpilih menjadi Wakil Gubernur Lampung pada Pilkada serentak 2018 silam. Menjadi Wagub Lampung tak lantas membuat semangat Nunik peduli pada Pariwisata mengendor. Nunik justru semakin gencar mempromosikan wisata Lampung di kancah nasional dan juga internasional.

Kesuksesan Nunik di Lampung yang begitu cepat diapresiasi oleh Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Pada akhirnya, pria yang akrab disapa Gus AMI itu memberikan mandat pada dirinya untuk menduduki jabatan Ketua DPP PKB bidang Lingkungan Hidup dan Pariwisata

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *