Tidak Ada Transparansi Terkait DD, Enam Perangkat Desa Brajamulia Undurkan Diri

Kupastuntas.co, Lampung Timur – Persoalan Dana Desa (DD), menjadi alasan mundurnya enam perangkat Desa Brajamulia, Kecamatan Brajaselebah, yang diduga kepala desa tidak transparan dengan perangkatnya.

Keenam perangkat desa yang mengundurkan diri yaitu, Sekertaris desa (Sarwanto), Kaur Keuangan (Sujarno), Kasi Pemerintahan (Purwanto), Kasi Kemasyarakatan (Aan Suheri), Kaur Perencanaan (Siswanto) dan Admin Desa (Sulton).

Eko Sarwanto mengaku dirinya mengundurkan diri dari jabatan sekertaris desa karena tidak ada keterbukaan kepala desa dengan perangkatnya terutama dalam hal persoalan dana (uang). Keterbukaan yang dimaksud Eko yaitu kepala desa sama sekali tidak ada loyalitas terhadap perangkatnya. “Saya dan rekan-rekan hanya diporsir kerjaan tanpa diperhatikan soal keuangan”, kata Eko.

Lanjut nya, Eko dan lima perangkat lainnya mengundurkan diri secara tertulis pada 6 Mei lalu, dan surat pernyataan tersebut sudah diserahkan kepada kepala desa tersebut.

Sementara Kepala Desa Brajamuliya, Sujarno saat dikonfirmasi membenarkan enam perangkatnya telah mengundurkan diri, dan desa sudah melakukan perekrutan pada 20 Mei lalu. ” Dipastikan Juni sudah ada yang menggantikan”, kata Sujarno.

Sujarno menampik jika perangkatnya mengatakan bahwa dirinya tidak transparan, sebab semua SPJ yang membuat perangkatnya terutama sekdes, kalau persoalan anggaran semua sudah dibelanjakan sesuai kebutuhan. “Duit dana desa itu untuk belanja pembangunan desa bukan untuk loyalitas dengan perangkat desa”, mata Sujarno. (Gus)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *