Setiap Bulan, Puskesmas Mataram Baru Lamtim Layani 34 ODHA

Kupastuntas.co, Lampung Timur – Puskesmas Matarambaru, setiap bulannya melayani pasien pengidap penyakit HIV/AIDS sebanyak 34 orang, hal tersebut dikatakan Ketua Puskesmas Matarambaru Sriyati saat di konfirmasi di tempat kerjanya, Rabu (22/5/2019).

Sriyati menjelaskan dari 34 yang mengidap penyakit HIV/AIDS, bukan hanya dari Kecamatan Baru, melainkan dari wilayah Layanan Komprehensif Berkesinambungan (LKB) yang membawahi 13 kecamatan, diantaranya Matarambaru, Pasirsakti, Labuhan Maringgai, Sekampungudik, Jabung, Waymili, Wana, Melinting, Sribhawono, Wawaykariya dan Marga Sekampung.

“Namun yang paling banyak mengidap di Kecamatan Matarambaru dan Sekampungudik,” Kata Sriyati.

Untuk penanganan agar tidak merambah, tim LKB setempat selalu melakukan penyuluhan dan pencegahan kepada masyarakat yang tempat tinggalnya berpotensi menjadi penyebaran penyakit mematikan tersebut, seperti tempat hiburan malam.

“Bahkan kami sering memberikan kondom ditempat yang kami anggap rawan dengan penyebaran penyakit tersebut,” Tambah Sriyati lagi.

Mayoritas dari 34 pasien yang mengidap penyakit HIV/AIDS mayoritas berprofesi sebagai penghibur laki laki, mulai dari sebagai pemandu lagu dan melayani hubungan seks bebas, dan semua itu masuk dalam faktor lingkungan yang terdapat objek hiburan malam yang kurang terkontrol.

“Kami tidak menyalahkan profesinya, tapi saya berharap bisa berhati hati dengan selalu berkonsultasi kepada petugas kesehatan yang paham masalah itu,” Pinta Sriyati.

Lanjut Sriyati, satu pasien penyakit HIV/AIDS yang tidak disebutkan namanya meninggal dunia, pada Selasa (21/5/2019). Namun meninggalnya di pulau Jawa, mulai mengidap penyakit menular tersebut di kecamatan Mataram Baru. (Gus)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *