Kawasan Ilalang TNWK Terbakar, Luasnya Belum Diketahui

Saibumi.com, Lampung Timur – Kawasan ilalang di wilayah seksi I Waykanan Resort Susukanbaru Taman Nasional Way Kambas (TNWK) terbakar, Minggu, 31 Maret 2019.

Menurut Humas TNWK, Sukatmoko, peristiwa kebakaran lahan ilalang itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Informasi itu disikapi dengan mengerahkan mobil pemadam milik TNWK dengan dibantu petugas taman nasional, aparat Polres dan Kodim 0429/Lamtim.

“Kalau jumlah luasan kawasan yang terbakar belum tahu, mungkin besok baru bisa diketahui. Api dipadamkan sore harinya,” kata dia saat dihubungi Saibumi.com.

Menurutnya, kawasan ilalang yang terbakar itu diduga ulah pemburu liar yang dengan sengaja. Para pemburu masuk kawasan hutan tanpa izin dan memburu secara ilegal. Dari keterangan pemburu yang pernah ditangkap, mereka membakar hutan untuk memudahkan akses masuk ke kawasan hutan.

Setelah kebakaran hutan tentu ilalang tumbuh baru. Nah, pada tumbuhan ilalang baru itu hewan berkumpul mencari makan sehingga mereka mudah memburu.

“Atau bisa jadi untuk mengelabuhi petugas. Sepanjang tahun 2019 sudah tiga kali terjadi kabakaran. Mayoritas kawasan ilalang,” jelasnya.(*)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *