BPBD Lamtim Siagakan Satgas Antisipasi Banjir

SUKADANA (Lampost.co) ā€“ Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamtim, Tri Pranoto, Senin (3/12/2018) kembali menegaskan, untuk membantu warga jika muncul musibah banjir atau angin puting beliung.

Satgas yang beranggotakan 25 personil ini siap siaga turun ke lapangan bagi daerah rawan banjir pada musim hujan.

Beberapa kecamatan rawan banjir diantaranya, Sukadana, Bumi Agung, Sekampung Udik, Waway Karya, Way Bungur, dan Labuhan Maringgai.

Kemudian selain kecamatan rawan banjir lanjut dia, Kabupaten Lamtim juga menjadi jalur lintasan angin puting beliung yang jika datang angin besar.

Adapun jalur lintasan anging puting beliung di Kabupaten Lamtim itu berada pada jalur utara melintasi wilayah Labuhan Maringgai–Braja Selebah–Way Jepara–Labuhan Ratu–Way Bungur–Pekalongan dan Sukadana. Sementara pada jalur Selatan melintasi kecamatan Pasir Sakti–Sebagian Jabung–Gunung Pelindung–Marga Sekampung–Sekampung Udik dan Batanghari.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada apalagi saat ini telah memasuki musim hujan. Selain itu, warga diharapkan peduli terhadap lingkungan dengan rajin gotong royong membersihkan saluran-saluran atau parit air yang tersumbat, membersihkan sampah, dan lain-lain.

Khusus angin puting beliung, pihaknya juga mengimbau warga agar waspada yang diantisipasi dengan pemangkasan pohon yang berukuran besar disekitar rumahl.

ā€œSatgas selalu kami siagakan, sehingga jika sewaktu-waktu muncul musibah langsung bisa bergerak cepat untuk terjun ke lapangan membantu warga,ā€ ujarnya.

Pihaknya menyiapkan pula perahu sejumlah tiga unit terdiri dari 1 perahu karet dan 2 perahu fiber. Semua perahu dilengkapi denagn mesin. Kemudian tenda besar sejumlah 4 unit telah disiapkan beserta peralatan pendukung lainnya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Lamtim, Qomariyah menjelaskan jika terjadi bencana pihaknya akan menurunkan bantuan makanan mulai dari beras hingga bahan pokok lainnya.

Bantuan itu akan langsung disalurkan kepada korban bencana banjir atau puting beliung, sepanjang sudah ada laporan dan permintaan bantuan masuk ke dinas tersebut.

Selain bantuan tersebut tambah dia, untuk mendukung kelancaran operasional jika sewaktu-waktu ada wilayah kecamatan Lamtim yang dilanda bencana banjir maka, pihak Dinas Sosial juga sudah menyiapkan satu unit speed boat. Speed boat tersebut dapat dipergunakan kapan saja saat terjadi bencana banjir.

Sumber

Comments are closed.