Tiga Wasit Sepak Bola Asal Lamtim Toreh Prestasi Membanggakan Tingkat Nasional

SUKADANA (Lampost.co) — Kabupaten Lampung Timur kembali menorehkan prestasi membanggakan di bidang olahraga yaitu, dengan terpilihnya 3 wasit asal Lampung Timur, pada seleksi wasit nasional oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menjadi wasit di laga pertandingan sepak bola Liga 3 dan wasit muda untuk pertandingan U-16.

Sajudin selaku Komisi Wasit Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Lampung Timur, kepada Lampost.co, Jumat (13/7/2018) menjelaskan, dalam satu pekan ini PSSI telah menggelar seleksi wasit dan perangkat wasit yang akan ditugaskan untuk memimpin Liga 3 dan wasit muda berusia di bawah 25 tahun.

Seleksi tersebut diadakan di Stadion Pakansari Bogor dari tanggal 8 – 9 Juli 2018. Provinsi Lampung sendiri mengirimkan 10 orang pada seleksi Fitness Test Wasit dan Asisten Wasit kali ini.

Hal tersebut berdasarkan surat yang di terima Asosiasi PSSI Provinsi Lampung yang dikirim langsung PSSI Pusat tertanggal 3 Juli 2018 dengan nomor 2958/PGD/297/VII-2018.

Seleksi yang diikuti 320 para calon pengadil lapangan hijau dari seluruh Indonesia tersebut diawasi langsung oleh Direktur Teknis Perwasitan PSSI, Toshiyuki Nagi dengan tujuan untuk memilih 62 wasit dan 66 asisten wasit yang akan ditugaskan untuk memimpin laga di Liga 3 2018.

Setelah dilakukan seleksi dan seluruh nilai di peroleh, maka nilai-nilai tersebut di peringkat dengan hasil 2 orang wasit asal Lampung Timur menduduki peringkat 1 dan 2 dari 320 orang. Keduanya yaitu Irul Hidayat asal Kecamatan Sekampung dan Bangkit Sanjaya asal Kecamatan Batanghari.

Untuk diketahui, salah satu syarat untuk dapat memimpin pertandingan sepak bola di tingkat nasional ialah wajib memiliki Lisensi C3 atau lisensi tingkat kabupaten yang diadakan oleh Asosiasi PSSI Kabupaten, Lisensi C2 tingkat provinsi yang diadakan oleh Asosiasi PSSI Provinsi, serta Lisensi C1 yaitu lisensi Tingkat Nasional yang diselenggarakan langsung oleh PSSI Pusat.

Bangkit Sanjaya sendiri berhasil mendapatkan Lisensi C3 pada tahun 2011, C2 tahun 2014 serta C1 pada tahun 2014, sementara itu Irul Hidayat berhasil mendapatkan lisensi C3 pada tahun 2012, C2 tahun 2014, dan C1 pada tahun 2016.

Terpisah, menurut Ahmad Fauzi selaku Esco Askab PSSI Kabupaten Lampung Timur, selain Bangkit Sanjaya dan Irul Hidayat, persepakbolaan Lampung Timur juga diharumkan dengan torehan prestasi Joko Purnomo. Pasalnya wasit muda Lampung Timur asal Desa Hargomulyo Sekampung tersebut berhasil terpilih sebagai wasit muda terbaik nomor 3 nasional hasil seleksi 60 orang wasit muda dari seluruh Indonesia. Joko sendiri kini langsung bertugas di Bogor untuk mempimpin pertandingan U-16.

Menanggapi hal itu, Sekdakab Lamtim, Syahrudin Putera, kepada lampost.co menjelaskan, Pemkab Lamtim dan seluruh masyarakat Lamtim sangat bangga dengan prestasi ketiga wasit tersebut. “Kami berharap hal itu bisa menjadi motivasi bagi wasit yang lain untuk dapat mengukir prestasi yang sama pada tingkat nasional,” kata Syahrudin.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *