Bupati Chusnunia, Optimalkan Peran Festival Di Lampung Timur, Dengan Pola Gotong Royong Bersama Rakyat

LAMPUNG1.COM, Sinergi yang di bangun oleh Pemerintah Daerah dan warga masyarakat, untuk meingkatkan potensi sektor Pariwisata, sekaligus pemberdayaan sosial dan perekonomian masyarakat, melalui kegiatan Festival di berbagai wilayah Kabupaten Lampung Timur, dinilai berjalan dengan cukup potensial.

Meningkatnya jumlah kegiatan Festival yang cukup signifikan pada tahun ini, menjadi sumber magnet, yang diharapkan Pemerintah Daerah, mampu mempercepat peningkatan destinasi wisata, yang secara otimatis diharapkan mampu membawa dampak positif bagi peningkatan kondisi perekonomian warga masyarakat, khususnya di sekitar lokasi digelarnya ajang festival seni dan budaya, di Kabupaten Lampung Timur.

Bupati Chusnunia, pada Kamis (12/7), menegaskan bahwa Pemerintah Daerah sejak awal, selalu menerapkan pola untuk melibatkan secara aktif peran warga masyarakat, dalam setiap kegiatan festival yang digelar di seluruh Kabupaten Lampung Timur.

“Kita sadar dengan segala keterbatasan anggaran yang kita miliki, tidak mungkin ratusan even festival ini, bisa terselenggara dengan baik, tanpa adanya dukungan dan peran serta seluruh lapisan warga masyarakat”, ujarnya.

Pihaknya juga menambahkan bahwa selain meningkatkan potensi Destinasi Pariwisata dan Perekonomian masyarakat, ternyata even Festival ini, mampu menjadi ajang silaturahmi dan komunikasi efektif antara masyarakat dengan pemerintah daerah, tentang skala prioritas yang sangat dibutuhkan oleh warga di setiap desa dan kecamatan, di Kabupaten lampung Timur.

“Dari setiap even festival, pemerintah daerah selalu menerima input dan bahkan bisa melihat langsung kondisi infrastruktur, atau kebutuhan mendesak masyarakat, di setiap desa atau kecamatan, yang harus segera di penuhi, sehingga bisa kita usulkan pada alokasi anggaran yang akan datang”, tegasnya.

Sementara, warga masyarakat, menyambut positif pola sinergitas yang dibangun antara pemerintah daerah dengan masyarakat, dalam merealisasikan kegiatan festival di Kabupaten Lampung Timur ini.

“Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami masyarakat, karena selain daerah kami menjadi sorotan kawasan pariwisata, warga juga mendapat kepercayaan untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan pemerintah daerah, termasuk even festival ini”, terang warga.

Masyarakat mengharapkan Pemerintah Daerah bisa terus meningkatkan program-program yang melibatkan peran serta masyarakat, termasuk kegiatan festival, agar percepatan pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lampung Timur, bisa semakin cepat terwujud. (Eko Arif)

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *